Calon Boneka Kertas


Pasti sudah tidak asing dengan gambar yang satu ini. Ya, mainan BP alias baju perempuan! Waktu masih di sekolah dasar saya sering membelinya dari pedagang mainan. Setiap beberapa minggu sekali, pedagang itu membawa 'edisi terbaru' yang cantik rupanya. Harganya hanya beberapa ratus rupiah saja, sepadan dengan uang jajan anak SD. 

Bertahun-tahun saya melupakan mainan kertas ini. 'Fosil' dari mainan boneka kertas ini, sudah raib entah kemana. Mungkin sudah hancur bersama sampah rumah tangga atau terbakar dengan kertas bekas. Baru terpikirkan oleh saya, kenapa dulu mainan itu malah saya sia-siakan? Apa karena murah dan terbuat dari kertas?





Di belahan dunia yang lain, mainan BP atau yang dalam bahasa Inggris lebih akrab disebut paper doll, ramai dikoleksi. Bukan hanya yang baru, bahkan mereka memiliki koleksi paper doll dari tahun 1800an! Saya sampai kagum, betapa besar penghargaan orang-orang itu pada selembar kertas yang bergambar pakaian dan manusia itu. Paper doll yang dibuat pun tidak sembarangan. Orang-orang yang pintar melukis lah yang membuatnya. Beberapa nama sudah dikenal sebagai desainer paper doll favorit mereka.


Karena kekaguman saya pada mereka, saya jadi terinspirasi untuk membuat BP versi saya sendiri. Dengan pengetahuan otodidak di ranah desain, akhirnya terciptalah si Little Marmalade (foto pertama). Si rambut jeruk yang gemar memakai baju-baju vintage. Silahkan diunduh kalau punya adik perempuan yang masih suka dengan mainan konvensional ini! 

P.S
klik gambar untuk mendapat gambar dengan pixel lebih besar.
foto kedua dari paper collector

Comments