Projek Terakhir di 2011




Ini 'buku tahunan' saya yang keempat. Mungkin bisa disebut agenda, diari, kolase, buku tempelan, atau sebutan-sebutan lainnya. Bagi saya, buku ini fungsinya serbaguna. Selain menjadi wadah berekspresi dan mendokumentasikan sekilas dari kehidupan saya, buku ini yang membuat saya berharap dan berusaha setiap harinya.

Tadinya saya mau menggunakan agenda bonus majalah remaja, tapi ukurannya terlalu kecil. Selain itu, saya tidak yakin buku itu bisa 'menampung' kegilaan saya terhadap tempel-menempel. Saya juga sudah pesan agenda dengan sampul kain yang saya pilih sendiri. Saya sudah berharap banyak pada agenda itu. Tapi, agenda tersebut belum jadi sampai kemarin (dan sampai detik ini). Akhirnya, muncul ide yang satu ini. Buku custom made. 

Untuk membuat buku ini, desain, ukuran buku, ukuran ring untuk menjilid, sampai jenis kertas, saya yang pilih. Butuh waktu seharian untuk mengerjakan desainnya. Bahkan mandi pagi sampai tertunda jadi mandi sore (-__-). Saya tidak langsung sreg pada desain pertama. Sekitar tiga kali saya membuat gambar-gambar untuk sampul dan pembatas buku. Pada akhirnya saya memilih tema binatang kesukaan.  Untuk mencari kertas, mencetak, dan menjilid, waktunya setengah hari. Cimahi, Pagarsih, Cibadak, Pajagalan, Cikapayang, Dipati Ukur. Hoaaaah. Ini pertama kalinya saya membuat buku tahunan sendiri.  Capek dan agak mahal juga. Tapi terbayar rasanya setelah saya memegang si buku keramat yang sudah jadi 

P.S
Mungkin saya bakal jarang pos karya sebulan ke depan, karena.. saya harus mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN - salah satu program dari kampus yang wajib diikuti). Berhubung saya enggak punya laptop, enggak mungkin saya bawa PC ke sana. Sedih rasanya :'(

Comments

Post a Comment