The Past

The Past

Masa lalu gelap, masa depan terang. Sebuah klise yang tertanam dalam benak saya entah berapa lama. Seperti wujud gambar saya ini, si anak perempuan mencoba melangkah ke depan tapi masih suka melihat ke belakang. Apa yang dilihatnya hanya sesuatu yang kelam. Padahal kenyataannya tak seperti itu.

Perbincangan saya dengan seorang teman yang menyadarkan saya, klise tadi memang sekadar klise. Kita bisa hidup menyenangkan dan hanya mengambil bagian cerah dari masa lalu. Ya, karena masa lalu isinya kenangan manis dan pahit. Meskipun kenyataannya bicara lebih gampang dari bertindak, saya rasa hal ini bisa kita coba. Mindset soal masa lalu yang identik dengan kata kelam harus saya tendang jauh-jauh.

Oh ya, karya ini sengaja saya buat hitam putih. Kebetulan saya berjanji untuk berkontribusi buat zine seorang teman dan saya tau betul gambar warna-warni saya tak relevan di sana. Hitam putih asik juga.


-Lsy-

Comments